Selasa, 19 Juli 2011

Membuat Joran Sendiri

Cara Sederhana Buat Joran

Sebagian dari para mania mungkin menilai membuat joran terlihat susah dan rumit namun, apabila sudah terbiasa dan ada kemauan untuk membuat karya sebuah joran akan terasa mudah. Belum lagi karya yang dipakai dapat membuat bangga diri sendiri serta memiliki rasa kepuasan yang tak dapat ternilai oleh apapun apabila berhasil mendapatkan ikan.

Sebelum masuk dalam bahasan mengenai cara sederhana membuat joran (custom rod), ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu tiga kategori pada batang sebuah joran (blank rod). Ini sangat berhubungan apabila kita hendak membuat sebuah joran dengan tipe yang berbeda.


Menurut Tom Partomo saat Mas Boy (MB) temui bahwa blank rod terbagi menjadi tiga, yaitu fast tapper (lengkung di ujung), medium tapper (lengkung di tengah) dan soft tapper (sampai ke bagian bawah joran). Tipe fast tapper cenderung kaku dan letak kelengkungan atau beban ada pada bagian ujung joran, tipe medium memiliki tingkat kekakuan sedang dan letak lengkungan atau beban ada pada bagian tengah joran dan tipe soft merupakan joran lentur dan letak lengkung merata hingga bagian bawah joran.

Setelah mengetahui tiga kategori blank rod, tinggal kita ingin membuat pada jenis apa dan diperuntukan untuk mancing dan teknik mincing apa. Hal pertama yang mesti dipersiapkan untuk melakukan tahap pertama, yaitu persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti blank rod (baik itu dari bahan fiber, carbon, bamboo, batang pohon weregu atau grafit), lem epoxy, benang untuk melilit/memegang ring guide atau biasa disebut dengan wrapping line, media papan yang dibuat khusus berbentuk V untuk memutar saat proses wrapping dan mengelem hasil wrapping dengan epoxy.


Tips untuk memilih lem epoxy. Pilih lem epoxy yang sedikit encer dengan lama pengeringan ± 30 menit, jika terlalu mudah kering hasil pengeleman setelah proses wraping terkadang suka tidak sempurna. Tahap dua, jika sudah menemukan blank rod dan ring guide sesuai dengan yang diinginkan lalu set dengan menempelkan lem solasi untuk menyusun dan menyesuaikan ring guide pada rod.

Langkah selanjutnya ialah proses wrapping, taruh rod pada media papan yang dibuat seperti huruf V. Putar-putar dengan tangan kiri sambil mengarakan wrapping line sesuai kehendak sambil menahan benang dengan bahan agar benang kencang saat proses wrapping. Cukup satu kali lilitan saat proses wrapping setelah itu aduk lem epoxy dalam sebuah wadah dan pergunakan karton sebagai media pengeleman (jangan menggunakan tangan).

Besar dan kecilnya potongan atau ukuran karton sebagai media pengeleman harus menyesuaikan dengan wrapping line yang telah dibuat tadi. Contoh, saat proses wrapping line panjangnya 2 cm maka potongan karton juga hrs 2 cm. Jadi saat proses pengeleman kita hanya tinggal memutas rod dengan ditekan menggunakan jari tangan, sehingga hasilnya dapat bagus.


Selanjutnya pemilihan pegangan joran atau grip dapat dipilih sesuai keinginan dan proses terakhir adalah proses pengeringan. Menjemur tidak diperkenankan apabila terkena sinar matahari karena lem epoxy yang digunakan dapat menimbulkan efek seperti gelembung udara pada lem. Jadi cukup ditempat yang teduh dan pengeringan dibantu dengan angin saja. Joran karya sendiri siap dipergunakan. Banyak pilihan warna pada wrapping line dan blank rod, pilihlah sesuai dengan kehendak anda. ndi

4 komentar:

  1. Balasan
    1. lem epoxy bs dibeli di ace hardware om

      Hapus
  2. kira kira harga nya berapa ya om

    BalasHapus
  3. banyak jg ko om yg jual sdh jadi bentuk joran. kl mau buat sendiri pasti lebih mahal tetapi hasil akan membanggakan.. hehehe
    harga bahan bambu cendani tergantung dari ruas pada batang bambu, utk line wrapping bs diakalin pake benang jahit. tinggal beli blank (bahan fiber atau carbon), cincin joran, pegangan joran dan ril. pake yang biasa kalau mau hemat atau bs pke produk kenamaan seperti Fuji.

    BalasHapus